Saturday, July 15, 2017

Public Relation PT. SIDO MUNCUL

Sejarah Sido Muncul

        
    PT. Sido Muncul bermula dari sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940,di kelola oleh Ibu Rakhmat Sulistio di Yogyakarta. dan dibantu oleh tiga orang karyawan. Banyaknya permintaan terhadap kemasan yang lebih praktis, mendorong beliau memproduksi jamu dalam bentuk yang praktis (serbuk), seiring dengan kepindahan beliau ke Semarang , maka pada tahun 1951 didirikan perusahan sederhana dengan nama SidoMuncul yang berarti “Impian yang terwujud” dengan lokasi di Jl. Mlaten Trenggulun. Dengan produk pertama dan andalan, Jamu Tolak Angin, produk jamu buatan Ibu Rakhmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat sekitar dan permintaannyapun terus meningkat. Dalam perkembangannya, pabrik yang terletak di Jl. Mlaten Trenggulun ternyata tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi yang besar akibat permintaan pasar yang terus meningkat, maka di tahun 1984 pabrik dipindahkan ke Lingkungan Industri Kecil di Jl. Kaligawe, Semarang. Guna mengakomodir demand pasar yang terus bertambah, maka pabrik mulai dilengkapi dengan mesin-mesin modern, demikian pula jumlah karyawannya ditambah sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan ( kini jumlahnya mencapai lebih dari 2000 orang ). Untuk mengantisipasi kemajuan dimasa datang, dirasa perlu untuk membangun unit pabrik yang lebih besar dan modern, maka di tahun 1997 diadakan peletakan batu pertama pembangunan pabrik baru di Klepu, Ungaran oleh Sri Sultan Hamengkubuwono ke-10 dan disaksikan Direktur Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan saat itu, Drs. Wisnu Kaltim. Pabrik baru yang berlokasi di Klepu, Kec. Bergas, Ungaran, dengan luas 29 ha tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia waktu itu,  dr. Achmad Sujudi pada tanggal 11 November 2000. Saat peresmian pabrik, SidoMuncul sekaligus menerima dua sertifikat yaitu Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT. SidoMuncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Lokasi pabrik sendiri terdiri dari bangunan pabrik seluas 7 hektar, lahan Agrowisata ,1,5 hektar, dan sisanya menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik. Secara pasti PT. SidoMuncul bertekad untuk mengembangkan usaha di bidang jamu yang benar dan baik. Tekad ini membuat perusahaan menjadi lebih berkonsentrasi dan inovatif. Disamping itu diikuti dengan pemilihan serta penggunaan bahan baku yang benar, baik mengenai jenis, jumlah maupun kualitasnya akan menghasilkan jamu yang baik. Untuk mewujudkan tekad tersebut, semua rencana pengeluaran produk baru selalu didahului oleh studi literatur maupun penelitian yang intensif, menyangkut keamanan, khasiat maupun sampling pasar. Untuk memberikan jaminan kualitas, setiap langkah produksi mulai dari barang datang , hingga produk sampai ke pasaran, dilakukan dibawah pengawasan mutu yang ketat.

PEMBAHASAN
1.      Konsep PR di PT. Sido Muncul
Konsep pada PT.Sido Muncul mengunakan istilah Humas bagi kegiatan Public Relations. Padahal Deaprtement Public Realations membawahi berbagai kegiatan internal dan eksternal perusahaan, yang tidak terkait dengan kegiatan pembelian, penjualan, dan promosi produk.

Public Relation secara Internal
·         Menciptakan komunikasi Interpersonal
·         Menjauhkan jurang vertical antara menejerial pimpinan dan karyawan
·         Memberdayakan jam kerja yang kondusif dan efisien
·         Tidak mengganti mesin yang lebih modern untuk ,e,pertahankan karyawan
Public Relation secara Eksternal
·         Memberdayakan masyarakat sekitar
·         Membeli sebagian besar bahan baku di sekitar pabrik (semarang)
·         Memberikan penyuluhan pada petani di sekitar pabrik untuk bertani secara baik
·         Sebagai perantara dalam pemberian modal untuk petan agar lebih mudah memberikan kredit modalkerja pada petani
·         Mengundang untuk diskusi tentang relokasi limbah yang terbuka
·         Menjalin kerjasama dengan supplier
·         Kegiatan periklanan pada sido muncul selalu mengangkat budaya Indonesia
·         Menerima kunjungan untuk mengetahui kegiatan yang ada pada PT.Sido Muncul

2.      Media Public Relations PT.Sido Muncul
Sesuai dengan konsepsi Public Relations yang menggunakan mediasi-mediasi dalam upaya untuk bisa menyampaikan, membentuk, dan mempertahankan informasi-informasi berkaitan dengan membentuk image positif perusahaan. Dalam hal ini perusahaan mengoptimalkan PR sebagai departemen yang tigkat urgensinya tinggi. Karena bagaimanapun citra positif yang sudah terbentuk lebih dari 60 tahun ini perlu mendapatkan maintenance secara open mind

Berkaitan dengan konsepsi tersebut, media komunikasiyang di gunakan dalam PR PT.Sido Muncul sama urgensinya dengan struktur fungsionalnya. Pt.Sido Muncul dengan penggunaan PR dalam era modern ini menggunakan media internal dan eksternal perusahaan.




·         Media Internal PT.Sido Muncul
Dalam hubungannya dengan media Internal, PR secara umum menggunakan media memo, dan masih belum memanfaatkan media bulletin perusahaan, dikarenakan perusahaan masih merasa belum begitu membutuhkan media tersebut. Sehingga komunikasi dalam bentuk internal juga commonly used komunikasi interpersonal karyawan. Delegasi penugasan atau pengalihan shift dilakukan dengan memo dari atasan kepada bawahan.

·         Media Eksternal PT.Sido Muncul
Media yang di gunakan dalam perusahaan mengupayakan media cetak dan media elektronik. Karena dalam kenyataannya PT.Sido Muncul sudah menancapkan brand image di masyarakat. Ini juga merupakan publisitas yang di dapatkan dengan pemberdayaan media-media eksternal dimana media cetak adalah option tepat untuk kepentingan promosi dan membangun citra positif. Media ini di rasakan sangan efektif karena mencakup skala nasional. Inilah mengapa iklan PT.Sido Muncul banyak kita jumpai di media cetak dan media elektronik. Brand Awareness PT.Sido Muncul sudah tinggi di mata masyarakat Indonesia.

3.      Mempertahankan Citra Positif PT.Sido Muncul
Citra positif di bentuk dari bagaimana cara perusahaan menangani atau menanggapi suatu masalah. Dengan tingkat verifikasi yang cepat dan tepat untuk menyelesaikan adanya pencemaran nama baik. Dalam beberapa kasus berkaitn dengan komplain dari konsumen merespon produk dari PT.Sido Muncul juga di buktikan dengan penanganan yang cepat. Semua complain diterima dengan baik dan kemudian di teruskan pada bagian laboraturium perusahaan dalam proses identifikasi adanya kesalahan produksi atau kontaminasi zat-zat lain di luar standard produk. Dengan penanganan yang baik inilah citra positif konsumen terbentuk. Produk-produk yang di hasilkan harus berkualitas dengan Total Quality Control yang dari SOP yang sudah terlembaga dengan baik di perusahaan ini. Budaya perusahaan yang terjaga ini menyumbang sebagian besar tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Beberapa program yang di lakukan PT.Sido Muncul dalam upaya ini :
·         Dari kegiatan rintisan-rintisan yang menjadikan image positif karena trendsetter. Contoh : program mudik lebaran.
·         Aktif dalam kegiatan social, peduli pada rakyat kecil, pimpinan sering turun langsung
·         Mempertahankan kualitas pada produknya
·         Membangun kepercayaan dengan cara diajak langsung melihat kegiatan produksi, dan adanya program PR berupa menerima kunjungan-kunjungan


4.      Penanganan Atas Kendala-kendala PT.Sido Muncul
Pengatasnamaan PT.Sido Muncul yang menyebutkan melakukan undian berhadiah pernah terjadi. Hal ini di proses langsung berdasarkan laporan dari pihak eksternal dan kemudian dari management memeriksa dari mana asal datangnya laporan untuk kemudian bisa di datangi langsung oleh pihak management untuk proses verifikasi. Proses pencemaran nama baik ini akhirnya bisa teratasi dan ttidak mempengaruhi kelanjutan kehidupan perusahaan.

Penanganan atas adanya limbah yang membuat asumsi masyarakat sekitar sedikit mengganggu di selesaikan dengan mengajak beberapa tokoh masyarakat dan anggotanya untuk bisa berdiskusi langsung dan bahkan di ikutsertakan dalam proses relokasi limbah tersebut. Sehingga proses relokasi ini tidak berujung dengan tindakan yang tidak di inginkan. Karena ini juga merupakan program CSR PT.Sido Muncul.

1 comment:

  1. The 15 Best Slots by Pragmatic Play in 2021 - Mapyro
    In the top 10 부천 출장샵 slots, the highest payout on a baoji titanium slot machine is found in 속초 출장샵 the 5, the 포항 출장안마 biggest payout is a 96.49% 천안 출장샵 RTP.

    ReplyDelete