Sejarah Sido Muncul
PT. Sido Muncul bermula dari sebuah
industri rumah tangga pada tahun 1940,di kelola oleh Ibu Rakhmat Sulistio di
Yogyakarta. dan
dibantu oleh tiga orang karyawan. Banyaknya permintaan terhadap kemasan yang
lebih praktis, mendorong beliau memproduksi jamu dalam bentuk yang praktis (serbuk), seiring
dengan kepindahan beliau ke Semarang , maka pada tahun 1951 didirikan perusahan
sederhana dengan nama SidoMuncul yang berarti “Impian yang terwujud” dengan
lokasi di Jl. Mlaten Trenggulun. Dengan produk pertama dan andalan, Jamu Tolak
Angin, produk jamu buatan Ibu Rakhmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat
sekitar dan permintaannyapun terus meningkat. Dalam perkembangannya, pabrik
yang terletak di Jl. Mlaten Trenggulun ternyata tidak mampu lagi memenuhi
kapasitas produksi yang besar akibat permintaan pasar yang terus meningkat,
maka di tahun 1984 pabrik dipindahkan ke Lingkungan Industri Kecil di Jl.
Kaligawe, Semarang. Guna mengakomodir demand pasar yang terus bertambah,
maka pabrik mulai dilengkapi dengan mesin-mesin modern, demikian pula jumlah
karyawannya ditambah sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan ( kini jumlahnya
mencapai lebih dari 2000 orang ). Untuk mengantisipasi kemajuan dimasa datang,
dirasa perlu untuk membangun unit pabrik yang lebih besar dan modern, maka di
tahun 1997 diadakan peletakan batu pertama pembangunan pabrik baru di Klepu,
Ungaran oleh Sri Sultan Hamengkubuwono ke-10 dan disaksikan Direktur Jenderal
Pengawasan Obat dan Makanan saat itu, Drs. Wisnu Kaltim. Pabrik baru yang
berlokasi di Klepu, Kec. Bergas, Ungaran, dengan luas 29 ha tersebut diresmikan
oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia waktu itu,
dr. Achmad Sujudi pada tanggal 11 November 2000. Saat peresmian pabrik,
SidoMuncul sekaligus menerima dua sertifikat yaitu Cara Pembuatan Obat
Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara
dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT. SidoMuncul sebagai
satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Lokasi pabrik sendiri terdiri dari
bangunan pabrik seluas 7 hektar, lahan Agrowisata ,1,5 hektar, dan sisanya
menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik. Secara pasti PT. SidoMuncul
bertekad untuk mengembangkan usaha di bidang jamu yang benar dan baik. Tekad
ini membuat perusahaan menjadi lebih berkonsentrasi dan inovatif. Disamping itu
diikuti dengan pemilihan serta penggunaan bahan baku yang benar, baik mengenai
jenis, jumlah maupun kualitasnya akan menghasilkan jamu yang baik. Untuk
mewujudkan tekad tersebut, semua rencana pengeluaran produk baru selalu
didahului oleh studi literatur maupun penelitian yang intensif, menyangkut
keamanan, khasiat maupun sampling pasar. Untuk memberikan jaminan kualitas, setiap
langkah produksi mulai dari barang datang , hingga produk sampai ke pasaran,
dilakukan dibawah pengawasan mutu yang ketat.
PEMBAHASAN
1.
Konsep
PR di PT. Sido Muncul
Konsep
pada PT.Sido Muncul mengunakan istilah Humas bagi kegiatan Public Relations. Padahal
Deaprtement Public Realations membawahi berbagai kegiatan internal dan
eksternal perusahaan, yang tidak terkait dengan kegiatan pembelian, penjualan,
dan promosi produk.
Public Relation secara
Internal
·
Menciptakan komunikasi
Interpersonal
·
Menjauhkan jurang
vertical antara menejerial pimpinan dan karyawan
·
Memberdayakan jam kerja
yang kondusif dan efisien
·
Tidak mengganti mesin
yang lebih modern untuk ,e,pertahankan karyawan
Public Relation secara
Eksternal
·
Memberdayakan
masyarakat sekitar
·
Membeli sebagian besar
bahan baku di sekitar pabrik (semarang)
·
Memberikan penyuluhan
pada petani di sekitar pabrik untuk bertani secara baik
·
Sebagai perantara dalam
pemberian modal untuk petan agar lebih mudah memberikan kredit modalkerja pada
petani
·
Mengundang untuk
diskusi tentang relokasi limbah yang terbuka
·
Menjalin kerjasama
dengan supplier
·
Kegiatan periklanan
pada sido muncul selalu mengangkat budaya Indonesia
·
Menerima kunjungan
untuk mengetahui kegiatan yang ada pada PT.Sido Muncul
2.
Media
Public Relations PT.Sido Muncul
Sesuai
dengan konsepsi Public Relations yang menggunakan mediasi-mediasi dalam upaya
untuk bisa menyampaikan, membentuk, dan mempertahankan informasi-informasi
berkaitan dengan membentuk image positif perusahaan. Dalam hal ini perusahaan
mengoptimalkan PR sebagai departemen yang tigkat urgensinya tinggi. Karena
bagaimanapun citra positif yang sudah terbentuk lebih dari 60 tahun ini perlu
mendapatkan maintenance secara open mind
Berkaitan
dengan konsepsi tersebut, media komunikasiyang di gunakan dalam PR PT.Sido
Muncul sama urgensinya dengan struktur fungsionalnya. Pt.Sido Muncul dengan
penggunaan PR dalam era modern ini menggunakan media internal dan eksternal
perusahaan.
·
Media
Internal PT.Sido Muncul
Dalam hubungannya dengan media Internal,
PR secara umum menggunakan media memo, dan masih belum memanfaatkan media
bulletin perusahaan, dikarenakan perusahaan masih merasa belum begitu
membutuhkan media tersebut. Sehingga komunikasi dalam bentuk internal juga commonly used komunikasi interpersonal
karyawan. Delegasi penugasan atau pengalihan
shift dilakukan dengan memo dari atasan kepada bawahan.
·
Media
Eksternal PT.Sido Muncul
Media yang di gunakan dalam
perusahaan mengupayakan media cetak dan media elektronik. Karena dalam
kenyataannya PT.Sido Muncul sudah menancapkan brand image di masyarakat. Ini juga merupakan publisitas yang di
dapatkan dengan pemberdayaan media-media eksternal dimana media cetak adalah
option tepat untuk kepentingan promosi dan membangun citra positif. Media ini
di rasakan sangan efektif karena mencakup skala nasional. Inilah mengapa iklan
PT.Sido Muncul banyak kita jumpai di media cetak dan media elektronik. Brand
Awareness PT.Sido Muncul sudah tinggi di mata masyarakat Indonesia.
3.
Mempertahankan
Citra Positif PT.Sido Muncul
Citra
positif di bentuk dari bagaimana cara perusahaan menangani atau menanggapi
suatu masalah. Dengan tingkat verifikasi yang cepat dan tepat untuk
menyelesaikan adanya pencemaran nama baik. Dalam beberapa kasus berkaitn dengan
komplain dari konsumen merespon produk dari PT.Sido Muncul juga di buktikan
dengan penanganan yang cepat. Semua complain diterima dengan baik dan kemudian
di teruskan pada bagian laboraturium perusahaan dalam proses identifikasi
adanya kesalahan produksi atau kontaminasi zat-zat lain di luar standard
produk. Dengan penanganan yang baik inilah citra positif konsumen terbentuk.
Produk-produk yang di hasilkan harus berkualitas dengan Total Quality Control
yang dari SOP yang sudah terlembaga dengan baik di perusahaan ini. Budaya
perusahaan yang terjaga ini menyumbang sebagian besar tingkat kepercayaan
masyarakat terhadap perusahaan. Beberapa program yang di lakukan PT.Sido Muncul
dalam upaya ini :
·
Dari kegiatan
rintisan-rintisan yang menjadikan image
positif karena trendsetter. Contoh
: program mudik lebaran.
·
Aktif dalam kegiatan
social, peduli pada rakyat kecil, pimpinan sering turun langsung
·
Mempertahankan kualitas
pada produknya
·
Membangun kepercayaan
dengan cara diajak langsung melihat kegiatan produksi, dan adanya program PR berupa
menerima kunjungan-kunjungan
4.
Penanganan
Atas Kendala-kendala PT.Sido Muncul
Pengatasnamaan
PT.Sido Muncul yang menyebutkan melakukan undian berhadiah pernah terjadi. Hal
ini di proses langsung berdasarkan laporan dari pihak eksternal dan kemudian dari
management memeriksa dari mana asal datangnya laporan untuk kemudian bisa di
datangi langsung oleh pihak management untuk proses verifikasi. Proses
pencemaran nama baik ini akhirnya bisa teratasi dan ttidak mempengaruhi
kelanjutan kehidupan perusahaan.
Penanganan
atas adanya limbah yang membuat asumsi masyarakat sekitar sedikit mengganggu di
selesaikan dengan mengajak beberapa tokoh masyarakat dan anggotanya untuk bisa
berdiskusi langsung dan bahkan di ikutsertakan dalam proses relokasi limbah
tersebut. Sehingga proses relokasi ini tidak berujung dengan tindakan yang
tidak di inginkan. Karena ini juga merupakan program CSR PT.Sido Muncul.
The 15 Best Slots by Pragmatic Play in 2021 - Mapyro
ReplyDeleteIn the top 10 부천 출장샵 slots, the highest payout on a baoji titanium slot machine is found in 속초 출장샵 the 5, the 포항 출장안마 biggest payout is a 96.49% 천안 출장샵 RTP.